Pilih Smoothing atau Rebonding Rambut, Mana Yang Terbaik?

smoothing atau rebonding rambut?

Pernahkah Anda mendengan kata Smoothing rambut? Smoothing rambut pada dasarnya adalah sebuah proses pelurusan rambut dengan memberikan bahan kimia tertentu. Di era yang sudah sangat modern ini, berbagai hal bisa kita lakukan dengan menggunakan berbagai macam teknologi dan ilmu pengetahuan. Mulai dari mengganti warna rambut, membuat rambut keriting, menyambung rambut, hingga meluruskan rambut.

Semua bentuk perlakuan terhadap rambut ini semata mata hanya untuk memperoleh tampilan yang menarik. Selain itu, dengan melakukan berbagai variasi rambut, gaya atau model rambut kita dapat terus berganti ganti sehingga selalu fresh dan tidak membosankan. Selain itu juga dengan semakin besarnya tuntutan agar seseorang mengikuti zaman atau tren fashion membuat banyak orang melakukan variasi rambut.

Beda Smoothing dan Rebonding

Salah satu variasi rambut yang sering kali dilakukan adalah smoothing rambut. Seperti yang telah dijelaskan diatas, smoothing rambut mampu meluruskan rambut yang keriting. Banyak orang yang tidak menyukai rambut keriting yang dimilikinya sehingga memilih meluruskan rambutnya dengan cara smoothing. Sebenarnya masih terdapat cara lain untuk meluruskan rambut yaitu dengan cara rebonding.

Namun cara rebonding ini dinilai memiliki beberapa kelemahan seperti hasilnya yang kurang natural hingga kemudian terdapat efek samping yang merusak rambut. Sedangkan smoothing memiliki beberapa kelebihan dibanding rebonding yaitu hasilnya yang lebih natural serta lebih aman terhadap rambut, walaupun memang harga yang harus dibayarkan lebih mahal, proses yang lebih lama, serta hasil yang hanya bersifat sementara. Dengan berbagai keunggulan dan kekurangannya, nyatanya smoothing rambut telah lebih banyak dijadikan pilihan utama sebagai sarana meluruskan rambut. Berikut ini sedikit ulasan singkat mengenai proses smoothing rambut ini.

Apa Sih yang Harus Diperhatikan Sebelum Smoothing Rambut?

Smoothing rambut

Banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan smoothing rambut agar mendapatkan hasil maksimal. berikut ini beberapa hal tersebut.

  1. Bahan Kimia/ Obat yang Digunakan

Bahan kimia memang menjadi hal utama yang harus benar benar Anda perhatikan karena menentukan keberhasilan proses smoothing rambut

  1. Waktu

Waktu juga harus benar benar Anda perhitungkan agar setelah proses smoothing tidak menganggu aktifitas kita sehari hari. Contohnya adalah memang kita tidak membutuhkan lagi waktu dandan yang lama namun kita membutuhkan waktu lebih untukkeramas serta mengeringkan rambut secara alami.

  1. Perawatan Setelah Smoothing

Perawatan setelah smoothing ini biasanya dilakukan intensif selama tiga hari berturut turut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahan kimia yang digunakan benar benar meresap dengan baik. beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah smoothing rambut adalah keramas, megikat rambut, serta menekuk rambut.

  1. Perawatan Jangka Panjang

Perawatan jangka panjang ketika kita melakukan smoothing rambut adalah kita harus lebih sering menggunakan conditioner. Konsekuensinya maka waktu kita mandi akan lebih lama lagi sehingga Anda harus memperhitungkan waktu mandi Anda dengan lebih baik lagi agar tidak mengganggu aktifitas Anda lainnya. Selain itu pertimbangkan juga proses pengeringan rambut yang biasanya memakan waktu yang cukup lama apabila rambut panjang dan lebat.

  1. Harga Dan Daya Tahan

Harga dari smoothing rambut memang lebih mahal dari pada rebonding. Hal ini harus Anda perhatikan benar benar. Untuk urusan rambut sebaiknya Anda tidak mengambil resiko dengan memilih obat yang murah namun tidak jelas kualitas serta hasilnya. Anda tentu menyayangi rambut Anda dan tentu menginginkan hasil yang terbaik untuk rambut Anda. Maka sebaiknya siapkan sejumlah uang yang cukup terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan produk smoothing rambut. Harga yang ditawarkan biasanya sebanding dengan daya tahan produk tersebut, semakin mahal biasanya kualitas dan daya tahannya akan semakin baik.

Perawatan Setelah Smoothing Rambut


Sebagaimana yang telah kita ketahui, proses smoooting bukanlah hal yang cukup sederhana, diperlukan perawatan rambut smoothing yang tepat agar rambut tetap sehat.



  1. Jangan langsung keramas setelah smoothing
    Hal ini wajib dilakukan minimal 3 hari setelah proses smoothing agar bahan kimia menyerap kedalam rambut
  2. Sebaiknya gunakan conditioner
    Conditioner diperlukan untuk menjaga kelembaban rambut.
  3. Jangan gunakan hairdryer
    Hairdryer memiliki suhu yang cukup panas sehingga dapat merusak rambut
  4. Gunakan sisir yang bergerigi jarang
    Menggunakan sisir dengan gerigi jarang akan membantu mengurangi kerontokan ketika menyisir
  5. Jangan mengikat atau menjepit rambut
    Perlakuan ini hanya akan merusak bentuk dari rambut yang kita inginkan.
  6. Jangan terlalu sering keramas
    Jika tidak mau hasil smoothing rambut cepat hilang sebaiknya jangan terlalu sering keramas namun tetap jaga kebersihan rambut Anda.

Bagaimana Cara Perawatan Rambut Setelah Smoothing?

Perawatan rambut setelah smoothing sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini karena proses smoothing dapat merusak rambut kita. Berikut ini cara perawatan rambut setalah smoothing.

  1. Konsumsi Makanan Bernutrisi

makanan bernutrisi tinggi

Makanan bernutisi menjadi sebuah syarat utama jika menginginkan rambut yang tetap sehat setalah melakukan smoothing. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa sebenarnya proses smoothing menyakiti rambut karena mengubah kondisi alami dari rambut serta menggunakan bahan bahan kimia. Oleh karena itu asupan nutrisi yang sangat baik dibutuhkan oleh rambut agar rambut tidak rusak dan tetap indah. Makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon, kemudian yang mengandung zinc seperti kacang kacangan dan kerang, kemudian yang mengandung vitamin C dan E yang banyak terdapat pada buah dan sayar harus selalu dikonsumsi agar terhindar dari masalah rambut setelah melakukan smoothing.

  1. Hindari Stress

hindari stress

Apapun alasannya, stress tidaklah baik untuk kesehatan. Stress menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok dan rusak. Apalagi jika hal ini terjadi pada rambut yang sehabis dilakukan smoothing. Pastinya rambut akan semakin mudah rusak. Sebaiknya hindari stress kapanpun terutama setelah melakukan smoothing rambut karena pada saat itu sebenarnya rambut sedang mengalami stress karena terpapar bahan kimia.

  1. Intirahatlah Yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan salah satu perawatan rambut setelah smoothing. Saat kita tidur metabolisme dalam tubuh akan berlangsung dengan baik. selain itu setelah dilakukan smoothing pada rambut, rambut juga memerlukan waktu untuk beristirahat sejenak agar kembali ke kondisi prima.

  1. Minum Air Putih

 

cukup minum air putih

Air putih memang telah berguna untuk berbagai hal. Tidak hanya untuk keseluruhan fungsi tubuh tetapi juga untuk perawatan rambut setelah smoothing. Hal ini berkaitan dengan rambut sehabis smoothing membutuhkan nutrisi yang banyak, oleh karena itulah sirkulasi darah yang lancar sangat diperlukan. Untuk memperoleh sirkulasi darah yang lancar kita membutuhkan air putih yang cukup. Sebaiknya minumlah air putih sebanyak 2 liter perhari atau bila perlu lebih untuk menjaga kesehatan rambut setelah dilakukan proses smoothing rambut.

  1. Lakukan Olah Raga Secara Teratur

Olah raga yang teratur telah terbukti mampu menyehatkan seluruh anggota tubuh manusia. Tak terkecuali dengan kesehatan rambut. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena rambut membutuhkan sirkulasi darah yang lancar. Sedangkan untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lancar bisa didapatkan dengan berolah raga secara teratur. Rambut sehabis smoothing sangat membutuhkan sirkulasi darah yang lancar untuk mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi yang cukup.

 

 


Pencarian Terkait:

  • lebih bagus smoothing atau rebonding?
  • smoothing rambut
  • smoothing
  • rebonding
  • Rebonding rambut
  • Perbedaan smoothing dan rebonding
  • rebonding vs smoothing
  • perbedaan smoothing dan rebonding rambut
  • https://www svmetro com/ulasan-mengenai-smoothing-rambut/
  • smooting

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: