Beberapa Upaya Perawatan Rambut Rontok


Rambut merupakan salah satu organ tubuh yang paling kita sayangi. Segala upaya kita lakukan untuk merawat dan menyehatkan rambut kita. Tak hanya itu, berbagai upaya juga kita lakukan untuk memperindah rambut kita, mulai dari memotong hingga mewarnai rambut. Namun terkadang upaya yang kita lakukan tersebut justru membuat rambut kita rusak. Memang perlakukan terhadap rambut tidak bisa sembarangan. Rambut memiliki karakter yang berbeda beda satu orang dengan yang lainnya.

Perawatan Rambut Rontok
Berbagai upaya yang dilakukan untuk melakukan perawatan rambut rontok. Gambar: kompas.com

Ada rambut yang lurus, keriting, bergelombang, ada pula yang bertipikal kering atau ada juga yang lembab. Oleh karena itulah maka perlakuan rambut yang dilakukan satu orang mungkin tidak akan tepat jika dilakukan oleh orang lain. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini sehingga sering kali terjerat oleh iming iming iklan sehingga asal dalam memilih perawatan atau perlakuan terhadap rambut.

Akibatnya tak jarang berbagai masalah rambut kita alami ketika salah memiih perlakuan terhadap rambut. Salah satu masalah rambut yang sering kita alami adalah rambut rontok. Rambut rontok dapat berakibat cukup fatal apabila terus didiamkan karena bisa menyebabkan kebotakan permanen. Tentu semua orang tidak menginginkan hal ini terjadi, oleh karena itu berikut ini beberapa upaya perawatan rambut rontok.

Mengapa Rambut Rontok adan Menipis?

Terdapat banyak faktor yang menyebkan rambut dan menipis, seperti;

  1. Nutrisi. 
    Apa yang Anda makan itulah yang akan tercermin pada tubuh. Perhatikan kembali nutrisi makanan terutama jika sedang diet. Walaupun sedang diet, atur pola makan sehat dan bergizi, penuhi nutrisi kebutuhan tubuh untuk kesehatan.
  2. Alergi. 
    Ada beberapa macam efek alergi pada tubuh, salah satunya rambut menjadi tipis karena kapiler mengerut dan melemahkan aliran darah ke dasar folikel sehingga menghambat pertumbuhan rambut.
  3. Alat styling dan Produk. 
    Terlalu sering menggunakan alat styling tentunya merusak pertumbuhan dan kesehatan rambut. Gunakan saat diperlukan dan rendahkan suhunya, juga beri proteksi rambut dahulu sebelum menggunakanya. Pilihlah produk rambut sesuai keadaan rambut, karena jika tidak cocok akan berdampak juga pada kesehatan rambut.
  4. Hormon. 
    Ketidakseimbangan hormon seperti pra menopause tentunya akan berdampak pada tubuh, misalnya rambut menjadi menipis. Untuk mengatasinya, beri perawatan lebih pada rambut dan kunjungi dokter untuk mengatasinya.
  5. Minyak. 
    Seperti juga wajah, jika pori-pori tertutup akan menyebabkan jerawat. Begitupun dengan rambut, jika Anda malas keramas maka minyak menumpuk dan folikel tertutup minyak sehingga rambut menjadi tak sehat dan lemah.

Perawatan Rambut Rontok, Lakukan Dengan Langkah Ini

Kelebihan Teh Hitam

Perawatan Rambut Rontok Menggunakan teh hitam

Keramas dengan teh mungkin belum umum, tapi khasiatnya baik untuk rambut dalam mengatasi perubahan warna rambut, beruban, rambut rontok, dan menjadikan rambut lebih hitam. Sebenarnya Anda dapat keramas dengan semua jenis teh, tetapi teh hitam mengandung kafein yang menangkal DHT (dihydrotestosterone), hormon yang memicu kerontokan rambut. Teh hitam pun akan membuat rambut semakin hitam, kuat, lembut dan bercahaya.

Seimbangkan pH Kepala

Rambut dan kulit kepala memiliki pH alami antara 4,5 sampai 5,5, tetapi karena penggunaan shampo, produk rambut dan alat styling membuat pH kepala tak seimbang sehingga menimbulkan masalah rambut. Kembalikan pH kulit kepala dengan berbagai bahan alami berikut;

Lidah Buaya (Aloe Vera L.)

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat-zat kesehatan yang bermanfaat, yaitu; Antrakuinon, Lektin, Mannans asetat, Polymannans, dan Saponin. Lendir lidah buaya memiliki pH alami antara 3 sampai 6, karenanya cocok untuk mengobati rambut ketombe.

Melakukan perawatan Rambut Dengan Lidah Buaya cukup mudah yaitu; Lidah buaya dikupas, ambil bagian gelnya saja. Gunakan gel tersebut untuk memijit-mijit kulit kepala. Biarkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa. Lakukan 2 minggu sekali dan lihat hasilnya dalam 3 bulan. Rambut akan lebih hitam dan lebat.

Usapkan lendir/ gel lidah buaya ke seluruh akar rambut minimal 15 menit sebelum keramas.

Cuka Apel

Mengatasi rambut rontok dengan cuka apel

Keasaman yang tinggi, antara 3 sampai 4 mampu mengembalikan pH alami rambut dan kulit kepala. Oleskan ke seluruh kulit kepala dan tunggu 15 menit sebelum keramas. Pastikan tidak ada luka pada kulit kepala agar tak terjadi infeksi.

Menggunakan Gooseberry

mengatasi rambut rontok dengan Gooseberry



Gooseberry atau amla kaya akan vitamin C, Antioksidan dan nutrisinya menjadikan rambut lebat, tebal, kuat, dan berkilau. Manfaatkan jus buah Gooseberry (dengan membuang bijinya) untuk mengatasi ketombe dan uban, menguatkan rambut dan pembersih kulit kepala. Dapat dikatakan buah in merupakan pengobatan yang baik untuk semua masalah rambut. Buah ini juga merupakan conditioner yang baik, setelah keramas bilas dengan jus Gooseberry agar rambut ringan dan lembut. Rambut keriting pun jauh lebih mudah diatur.

Masker Alpukat untuk Rambut Bercabang

Rambut bercabang merupakan masalah umum yang dihadapi oleh banyak perempuan. Rambut bercabang menyebabkan rambut terlihat kusamm. Untuk mengatasinya, haluskan 1 buah alpukat dan campurkan 1/2 sdt minyak zaitun. Basahi rambut sedikit dan aplikasikan masker ini. Diamkan selama setengah jam sebelum dibersihkan.

 

Makanan Anjuran Untuk Perawatan Rambut Rontok 

Cara merawat rambut rontok ada beberapa macam, diantaranya adalah melalui makanan yang kita makan sehari hari. Dari makanan kita dapat memperoleh berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut sehingga rambut kita akan selalu sehat dan terhindar dari masalah kerontokan. Dari nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut tersebut kita juga dapat mengurangi rambut rontok. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk perawatan rambut rontok.

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggih. Omega 3 inilh yang dapat berfungsi untuk menguatkan rambut sehingga rambut yang rontok dapat berkurang. Khasiat dari omega 3 pada berbagai jenis kacang telah banyak dibuktikan oleh para ahli. Tentunya hal ini harus diikuti dengan konsumsi secara rutin serta menggunakan shampo yang tepat agar tidak memperparah kerontokan.

  1. Kerang

Kerang memang terkenal dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Namun tahukah kamu bahwa kerang cuga dapat digunakan sebagai salah satu perawatan rambut rontok? Kerang mengandung sebuah zat bernama Zinc yang sangat tinggi. Zinc sendiri merupakan sebuah mineralyang dapat berfungsi sebagai penguat folikel ramut. Apabila folikel rambut kuat, maka rambut akan tidak mudah rontok. Pada dasarnya setiap orang membutuhkan mineral zinc dalam tubuh, oleh karena itulah mengkonsumsi kerang yang mengandung kadar zinc yang tinggi sangat baik untuk kesehatan rambut hingga tubuh pada umumnya.

  1. Susu

Pada dasarnya rambut kita juga membutuhkan nutrisi berupa protein. Oleh karena itulah protein dari susu sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Rambu yang mempeoleh nutrisi protein dari susu akan lebih kuat dan tidak mudah rontok. Karena itulah tak heran jika banyak produk shampo yang memasukkan berbagai komponen susu sebagai campuran untuk memperoleh berbagai kebaikan dari susu tersebut.

  1. Buah Buahan

Buah buahan selam ini memang dikenal menyehatkan tubuh karena mengandung berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun ternyata buah buahan yang kita konsumsi secara teratur juga dapat menguatkan rambut sehigga tidak mudah rontok karena buah dapat mencukupi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Dengan mengkonsumsi buah maka tak hanya tubuh yang sehat namun juga rambut kita akan menjadi lebih sehat juga.

  1. Ikan Salmon.

Ikan salmo terkenal karena kelezatannya ketika diolah menjadi berbagai makanan, kandungan nutrisinya pun juga tinggi sehingga hal ini turut menyebabkan harga jualnya yang cukup mahal. Beberapa kandungan dari ikan salmon yang sangat bermanfaat untuk merawat rambut adalah kandungan protein tinggi serta omega 3 yang sangat tinggi pula. Kedua kandungan ini telah dibahas diatas sangat baik untuk kesehatan rambut kita.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok?

Memang bukan hal mudah untuk menyembuhkan rambut rontok, apalagi jika hal tersebut sudah berlangsung cukup lama. Banyak orang yang dibuat frustasi dengan keadaan tersebut. Oleh karena itulah berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi rambut rontok.

  1. Melakukan Pengobatan Herbal

Kebaikan dari tumbuhan telah banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kesehatan rambut. Tumbuh tumbuhan seperti lidah buaya, bawang merah, teh hijau, minyak kelapa, minyak zaitun, hingga santan telah banyak terbukti untuk mengatasi rambut rontok. Namun pengobatan secara herbal membutuhkan waktu yang cukup lama serta membutuhkan juga konsistensi yang tinggi. Memang akan membutuhkan kesabaran yang banyak namun cara ini tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.

  1. Melakukan Pengoatan Medis

Dua jenis obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan masalah rambut rontok adalah Minoxidil dan Finasteride. Kedua obat ini memang berkhasiat untuk menyembuhkan rambut rontok, tetapi dalam penggunaannya sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli agar dosis yang diberikan tepat serta tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.

  1. Pengobatan Melalui Gaya Hidup

Gaya hidup memang turut mempengaruhi kesehatan rambut, oleh karena itulah menerapkan gaya hidup yang tepat sangat penting. Kendalikan stres serta rajin berolah raga menjadisesuatu yang wajib kita lakukan apabila ingin rambut kita selalu sehat. Gaya hidup brpengaruh terhadap kesehatan rambut karna dapat memperngaruhi produksi hormon dalam tubuh.

 

Bagaimana Cara Mencegah Rambut Rontok?

  1. Hindari Stres

Faktor stres merupakan salah satu penyebab utama rambut mudah rontok. Kondisi emosianal tertentu seperti sedih akan menyebabkan rambut rontok. Namun pada dasarnya kondisi rambut rontok ini tidak berlangsung lama tergantung pada kondisi emosional kita masing masing.

  1. Gunakan Shampo Yang Tepat

Shampo merupakan hal penting untuk memperoleh rambut yang sehat. Sebelum memilih shampo ada baiknya jika Anda mengenali terlebih dahulu karakter dari rambut Anda karena jika sampai salah maka rambut rontok dapat terjadi pada rambut Anda.

  1. Jangan Menata Rambut Terlalu Sering

Berbagai perlakuan terhadap rambut memang dapat merusak kondisi alami pada rambut, hal ini menyebabkan kerontokan yang cukup fatal. Jangan terlalu sering menggunakan peralatan kecantikan yang memberikan panas berlebih pada rambut. Hindari juga melakukan pewarnaan rambut terlalu sering. Berikan waktu untuk rambut agar dapat memulihkan diri dahulu sebelum dilakukan penataan rambut lagi.

Demikian beberapa cara merawat rambut rontok, cara mengatasi rambut rontok, dan mencegah rambut rontok yang akan bermanfaat bagi Anda. Rambut sebagai mahkota kita sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Mengenali karakteristik dari rambut juga merupakan hal penting agar rambut tidak mudah rontok. Pemenuhan nutrisi rambut juga akan sangat bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati rambut yang rontok. Selain itu pola hidup sehat juga harus kita lakukan setiap saat.

 

 

 


Pencarian Terkait:

  • Cara mengatasi rambut rontok akibat ganti minyak rambut kata dokter
  • minoksidil digunakan tuk rambut sehat akibtnya
  • perbedaan rambut rontok karena sensitif terhadap dht dengan yang kelebihan dht
  • rambut rontok sudah tidak lebih dari 3 bulan
  • solusi perawatan rambut

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: