Hal yang Menyebabkan Rambut Rontok Menjadi Semakin Parah

Penyebab Rambut Rontok Parah dan cara mengatasinya

Penyebab rambut rontok parah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kerontokan bisa dialami siapapun dan hal ini harus segera diatasi. Maka, penting untuk mengetahui penyebab rambut rontok parah sehingga bisa dicari solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Memang tidak mudah bagi seseorang untuk menemukan faktor penyebab kerontokan pada dirinya. Meski begitu, kerontokan pada rambut pasti ada penyebabnya yag berhubungan kondisi fisik maupun psikis seseorang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok.

Rambut rontok beberapa helai tiap kali menyisir rambut adalah hal yang wajar. Namun jika rambut rontok lebih dari 100 helai per harinya maka sudah dikategorikan parah. Perlu untuk mengetahui penyebab rambut rontok parah agar bisa dicari cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Kondisi tubuh setiap individu tentunya berbeda-beda. Begitupun ketika seseorang mengalami kerontokan pada rambutnya secara berlebihan.  Hal tersebut pasti disebabkan satu atau dua hal menyangkut kesehatan tubuhnya.

Penyebab Rambut Rontok Parah

 

Hal yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok Semakin Parah

Rambut rontok secara berlebihan dalam istilah medis dikenal sebagi telogen effluvium, baik pria maupun wanita berpotensi sama terkena masalah rambut rontok berlebihan. Namun biasanya kaum wanita lebih sering mengalaminya, khususnya kerontokan rambut berlebihan yang disebabkan karena perubahan Hormon. Pada masa kehamilan atau setelah melahirkan wanita akan mengalami perubahan hormon secara drastis yang memicu timbulnya masalah kerontokan rambut.

Kabar baiknya ialah rambut rontok berlebihan bukanlah masalah serius yang membutuhkan treatment khusus atau penanganan serius. Biasanya rambut akan normal kembali setelah enam bulan, atau bila sumber penyebab rambut rontok parah tersebut teratasi.  Sedangkan Penyebab rambut rontok yang disebabkan karena kekurangan zinc atau zat besi bisa diatasi dengan memperbanyak supplement omega 3, dan zat besi, dan beberapa asupan penting lainya.

Jagalah kesehatan rambut indah Anda mulai dari sekarang untuk menghindari masalah rambut rontok berlebihan dikemudian hari.

 

Penyebab Rambut Rontok Parah



Berikut adalah beberapa faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut parah:

  • Perubahan Hormonal.

    Perubahan hormonal adalah hal yang bisa memicu kerontokan rambut secara berlebihan. Misalnya saja pada wanita yang tengah mengandung ataupun pasca melahirkan. Pada saat-saat seperti itu, produksi hormon dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan sehingga berakibat pada rontoknya rambut secara berlebihan. Namun tenang saja karena ini bersifat sementara.

  • Masalah psikologis.

    Masalah psikologis juga bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok parah. Bahkan ini menjadi salah satu penyebab yang paling umum dialami mereka yang mengalami kerontokan. Stres ataupun depresi yang tidak dikelola dengan baik mempengaruhi produksi hormon pada tubuh dan membuatnya menjadi tidak seimbang. Akhirnya, hal tersebut berefek pada kerontokan rambut parah.

  • Kurang Gizi.

    Kekurangan gizi atau nutrisi yang diperlukan tubuh juga bisa menyebabkan rambut rontok. Beberapa jenis nutrisi yang penting untuk tubuh dan berpengaruh pada kesehatan rambut ialah protein, vitamin A, C, E, seng, zinc, serta biotin. Jika kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik maka kerontokan rambut pun bisa berkurang dan menghilang dengan sendirinya.

  • Penuaan.

    Penyebab selanjutnya yang paling umum terjadi ialah penuaan. Kerontokan rambut yang disebabkan penuaan disebut dengan istilah alopesia androgenik. Mereka yang berusia diatas 50 lah yang biasanya mengalami kerontokan rambut parah seperti ini. Pada wanita kerontokan biasanya terjadi pada keseluruhan bagian kepala. Sedangkan pria biasanya mengalami kerontokan dibagian depan dan atas kepala saja.

  • Produk Kimia.

    Selanjutnya, terlalu sering terpapar produk-produk kimia juga bisa menyebabkan kerontokan parah pada rambut. Menggunakan alat-alat penataan rambut seperti hair dryer, blower, maupun catokan juga bisa merusak rambut dan membuatnya rontok terus menerus. Ini karena panas dari peralatan tersebut cenderung merusak kelembaban alami rambut dan membuatnya rapuh.

  • Penyakit Jangka Panjang.

    Beberapa jenis penyakit tertentu juga bisa menyebabkan kerontokan rambut diantaranya hipertensi, diabetes serta down syndrome. Menjalani prosedur pengobatan tertentu seperti kemoterapi juga diketahui menyebabkan rambut rontok parah. Meskipun bersifat sementara, namun tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan diri.

  • Diet ketat.

    Pengurangan jumlah porsi makan pada program diet ketat akan mengurangi jumlah asupan nutrisi pada tubuh, sehingga rambut kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkanya.

Kerontokan rambut pada setiap orang perlu diatasi dengan cara yang berbeda sesuai penyebabnya. Itulah informasi mengenai beberapa penyebab rambut rontok parah. Terapkan pola hidup yang lebih sehat dengan mengatur pola makan, tidur, dan kerja agar tubuh selalu ada dalam kondisi optimal sehingga kerontokan pun bisa dicegah.


Pencarian Terkait:

  • Gejala Telogen efluvium
  • penyebab rambut rontok beserta penanganannya
  • Rmbt rontok
  • Trjadi ny rmbt wnita rntok di sibabkn oleh

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: