Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok dan cara mengatasinya

Rambut rontok atau dengan kata lain alopesia adalah pengurangan jumlah helai rambut di kulit kepala, hal tersebut merupakan sesuatu hal yang lumrah jika kehilangan seratus helai rambut perharinya. Tetapi apabila berlebihan, biasanya ada alasan yang terkait dengan medis yang memicu penyebab kerontokan tersebut.

Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok Pada Pria yang Banyak Terjadi.

Berikut adalah penyebab kerontokan rambut.

  1. Perubahan Hormon.

    Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya
    Perubahan hormon ini dapat dikenal dengan alopesia androgenik. Umumnya terjadi pada laki-laki yang berusia diatas 50 tahun dan pada wanita apabila telah melewati masa monopause. DHT (dihydrotestosterone) adalah hormon yang menyebabkan kolikel rambut menipis dan menyusut hingga lama-lama rambut akan mengalami rontok. Pada laki-laki, rontok akibat hormon tersebut sifatnya khas, yaitu membentuk sebuah lengkungan di kedua sisi pelipis dan lama kelamaan akan berbentuk huruf “M”. Bentuk kerontokan akan berbeda bila terjadi pada wanita. Rontok yang di akibatkan pengaruh hormon ini akan terjadi diseluruh bagian rambut, tak hanya terpusat didaerah tertentu saja.

  2. Diet Ketat

    penyebab rambut rontok pada pria

    Adalah idaman setiap orang untuk memiliki tubuh yang proposional  dengan berat badan yang seimbang. Berbagai upaya dan usaha pun dilakukan demi mencapai bentuk tubuh yang ideal tsb, termasuk menjalani diet yang ketat.  Efek lain dari program yang terlalu ketat tsb malah akan menjadi penyebab rambut rontok bagi pria maupun wanita. Hal ini tidak beralasan dikarenakan diet ketat menyebabkan kurangnya asupan gizi serta tidak seimbangnya makanan yang dikonsumsi.
    Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami.

  3. Karena Alasan Lainya.

    Penyebab Rambut Rontok dan cara mengatasinya
    Rambut yang rontok bukan hanya karena berubahnya hormon saja, tetapi juga dapat terjadi akibat pengaruh tertentu seperti:

    • Akibat pengaruh gizi Masukan gizi yang kurang dapat menimbulkan lembar rambut yang keluar menjadi lebih rapuh dan tipis.
    • Akibat zat-zat kimia Rambut yang sering mengalami proses kimia juga lebih mudah mengalami kerontokan, contohnya proses kimia di salon.
    • Penyakit kulit dan autoimun tertentu Penyakit kulit yang menyebabkan terbentuknya tukak dan sejumlah penyakit autoimun dapat menyebabkan kerontokan permanen. Contoh contoh kondisi tersebut diantaranya adalah licehen planus, sarkoidosis, dan lupus eritomatosus diskoit.
    • Tekanan psikologis Tekanan psikologis seperti streess bisa membuat si penderita mengalami pengurangan rambut dikepala. Akan tetapi kerontokan seperti ini sifatnya hanya sementara.
    • Efek samping dari obat obatan Kerontokan rambut juga bisa dipicu oleh efek obat obatan lho. Biasanya obat obatan tersebut untuk menangani gangguan jantung, depresi, arthritis, dan tekanan darah tinggi.
    • Pengobatan kanker Imunoterapi, kemoterapi, dan radioterapi bisa menimbulkan jenis kerontokan rambut yang menyeluruh (anagen effluvium). Kerontokam ini juga dapat berdampak pada wajah, tubuh dan kulit kepala.

Penanganan kerontokan rambut Rambut yang rontok merupakan bagian reaksi alami dari tubuh karena penuaan, sehingga tak membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, gangguan tersebut jarang sekali memerlukan penanganan medis. Namun apabila kerontokan berada pada tingkat yang mencemaskan, langkah penanganan berikut bisa dilakukan.

Kebotakan pada pria bisa ditangani dengan obat, yaitu obat minoxidil dan finasteride. Maksud penanganan ini biasanya hanya untuk alasan estetis. Keefektifan penanganan ini cuma berlangsung ketika penderita mengkonsumsi obat. Selain menggunakan obat obatan, operasi pencangkokan rambut juga bisa di upayakan (transplantasi).

 

Mengatasi Rambut Rontok Dengan Konsumsi Ikan Salmon

Penyebab Rambut Rontok dan cara mengatasinya

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki nutrisi paling banyak, termasuk kandungan protein dan vitamin D, yang berguna supaya rambut semakin kuat dan juga mengatasi kerontokan rambut. Omega pada salmon ini juga mampu meningkatkan level serotonin, berkhasiat menjaga kesehatan kulit kepala. Kandungan antioksidan pada ikan salmon akan membuat vitamin C dan E bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan rambut secara alami.
Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Keuntungan lainnya, ikan salmon juga tidak memiliki kalori yang tinggi, sehingga kamu bisa mengkonsumsi makanan ini tanpa khawatir akan mengalami obesitas dan dampak buruk lainnya.

 

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Masker Alami Buah Pisang

Peyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Buah Pisang Pisang mengandung anti-oksidan yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Caranya juga cukup mudah, cukup haluskan pisang, lalu dapat juga dicampur dengan minyak kemiri atau madu agar mendapatkan hasil rambut yang lebih lembut. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, keramas bilas seperti biasa lalu keringkan. Dapatkan hasil yang baik dengan rutin menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu. Itulah beberapa informasi Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya dengan berbagai metode yang tersedia. Tergantung Anda ingin memilih yang mana. Terima kasih telah membaca.

Caboki Hair Building Fiber Mengatasi Rambut Kering, Rontok, dan Kebotakan
Anda Mengalami Masalah Kebotakan, Rambut Kering, Penipisan rambut yang Parah? Tunggu apa lagi, coba gunakan Caboki. Rambut lebat, tebal, dan indah secara instan.
Hubungi kami di WA 0812-3230-2339 untuk info lebih lanjut dan pemesanan. pesan caboki

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: