Khasiat dan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Rambut Dan Kecantikan

Manfaat tomat untuk kesehatan rambut

Kenali Tomat Lebih Dekat

Tomat merupakan tanaman yang sudah menyebar hampir ke seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, tomat juga sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri. Semua orang sudah tentu mengenalnya. Terlebih lagi, tomat sangat mudah didapatkan. Buah yang satu ini tersedia baik di warung, pasar tradisional, maupun supermarket.
Tomat dapat disebut sebagai salah satu jenis buah-buahan. Hanya saja, tomat lebih sering digunakan sebagai sayuran pelengkap masakan.

Buah Tomat

Rasanya yang agak asam memang mampu menambah kesegaran dan kelezatan bagi berbagai jenis masakan. Buah tomat juga cukup enak saat dimakan mentah. Tomat juga terasa lezat saat dibuat minuman olahan seperti jus.
Tomat sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizinya yang cukup banyak memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh kita. Akan tetapi, penderita maag atau gangguan lambung sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi tomat.

Hal itu karena asam dari tomat dapat memperparah gejala maag tersebut. Namun bagi orang yang sehat, rutin mengonsumsi tomat akan sangat bermanfaat. Itu sebabnya semua orang sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, termasuk tomat. Tentu saja kita tetap harus mengonsumsinya dalam batas yang wajar, karena semua yang baik jika dilakukan secara berlebihan hasilnya tentu akan jadi buruk.

Asal Usul Tanaman Tomat

Khasiat tomat dan manfaatnya

Nama latin tomat adalah Solanum lycopersicum atau Lycopersicum esculentum. Tomat termasuk ke dalam genus Lycopersicon keluarga Solanaceae. Tanaman ini dipercaya berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, terutama di Peru, Meksiko, Kepulauan Galapagos, Ekuador, dan Bolivia. Hal ini karena genus lycopersicon dari keluarga Solanaceae banyak ditemukan di teluk yang ada di Amerika Seiatan.
Tomat kemudian mulai dikenalkan ke Eropa di pertengahan abad ke-16. Pada awalnya, buah ini dikenal cantik namun beracun sehingga jarang dimakan, kecuali di negara Italia dan Spanyol. Selanjutnya, Spanyol kemudian menyebarkan kembali tanaman ini ke seluruh dunia. Sehingga sejak saat itu, tomat mulai dikonsumsi di berbagai negara.

Morfologi, Jenis, Dan Varietas Tomat

Jenis dan manfaat buah tomat

Tanaman tomat biasanya tumbuh pada daerah dengan ketinggian 1-1.600 m (DPI). Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan subur. Tomat merupakan tumbuhan semusim; itu karena tomat hanya dapat diproduksi satu kali lalu setelah itu mati. Tanaman ini berbentuk perdu dengan tinggi sekitar 0,5 sampai dengan 2,5 meter. Biasanya tanaman ini memerlukan penopang agar tidak roboh ke tanah dan dapat tumbuh secara vertikal (ke atas).

Tomat Merupakan Buah Atau Sayur?

Kita sering bingung menentukan apakah tomat termasuk dalam buah atau sayur. Sama halnya dengan mentimun atau paprika, tomat juga sering dikategorikan baik sebagai buah maupun sayur.
Ada dua jawaban yang berbeda tentang hal ini, yaitu dan sisi ilmiah dan sisi kuliner. Dan segi ilmiah, para ilmuwan mendeskripsikan bahwa buah merupakan salah satu bagian dari tanaman yang tumbuh melalui proses penyerbukan. Buah juga memiliki biji Oleh karena itu, jika dilihat dari sisi ilmiah, tomat merupakan buah.

Sedangkan dari sisi kuliner, tomat adalah sayuran. Hal ini karena tomat biasanya disajikan dalam hidangan yang gurih atau sebagai pelengkap masakan lainnya. Sementara buah biasanya diolah menjadi minuman atau camilan.
Di samping itu, dari sisi kuliner, ada pula yang membagi tomat menjadi dua kategori, yaitu tomat buah dan tomat sayur. Tomat buah berbentuk lonjong dan berkulit tebal. Baca manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok

Tomat buah sering digunakan pada salad juga enak untuk dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Tomat buah biasanya lebih tahan lama, sedangkan tomat sayur berbentuk bulat dan kulitnya tipis. Tomat ini tidak tahan lama dan sering digunakan sebagai campuran sayur yang dimasak.
Namun semua itu sebenarnya tidak menjadi masalah yang terlalu penting, karena semua memang kembali pada bagaimana kita memandangnya. Akan tetapi, baik sebagai buah atau sayur, tomat tetap merupakan tanaman yang patut dikonsumsi. Itu karena tomat memiliki banyak manfaat istimewa di dalamnya.



Kandungan Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mengatasi Berbagai Masalah Kulit dan Wajah

Klinik Perawatan Rambut
Buah tomat mampu menjaga kondisi kesehatan kulit tubuh dan wajah kita. Tomat mengandung betakaroten yang merupakan sumber vitamin A Vitamin A ini dipercaya dokter dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit serta melindungi kulit dari sinar matahan. Kandungan hkopen yang tinggi dalam buah tomat juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).
Selam itu. tomat juga dapat mencerahkan wajah, mengencangkan kulit mengatasi komedo dan kulit kusam, serta mengatasi kulit berjerawat dan berminyak. Masker tomat juga bisa digunakan untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kulit terutamal pada wajah.

Menyehatkan Rambut

rambut tebal dan indah

Buah tomat juga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan perawatan rambut dan kulit kepala. Masalah seperti rambut rontok, bercabang, berminyak, kulit kepala kering, serta ketombe dapat diatasi oleh buah tomat. Selain itu, vitamin A dalam tomat juga dapat menguatkan dan memberi kesan kilau yang menawan pada rambut.

Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Vitamin C dalam tomat sangat membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut. Selain itu, vitamin K yang dikandung tomat juga berfungsi menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat.

Menyehatkan Buah Dada Wanita

Khasiat dari buah tomat ini juga merupakan salah satu harapan bagi para wanita. Dengan mengonsumsi tomat secara teratur akan dapat mencegah timbulnya kanker payudara sedini mungkin. Kandungan likopen dalam tomat juga dapat mencegah kanker ovarium dan prostat yang sering dialami oleh wanita.

Khasiat Tomat Menjaga Berat Badan Ideal

Tomat yang memiliki serat tinggi dapat menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini tentu berpengaruh bagi berat badan kita. Dengan sehat dan lancarnya sistem pencernaan kita, maka berat badan kita pun akan stabil dan ideal. Tomat yang juga rendah kalori ini juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi orang yang kegemukan.

Manfaat Tomat Untuk Memperbaiki Rambut Rusak dan Kering

Perawatan rambut dan kulit

Cara 1
Bahan:
1 buah tomat

Cara pembuatan:

  • Cuci bersih tomat.
  • Belah jadi 2 bagian.

Cara Pemakaian:
Oleskan belahan tomat pada rambut setelah keramas. Diamkan selama 5 menit. Bilas hingga bersih dengan air dingin.

Cara 2
Bahan:

  • 1 Buah tomat
  • Segelas air

Cara pembuatan

  1. Cuci bersih, lalu peras tomat.
  2. Campur perasan tomat dengan segelas air.

Cara pemakaian:
Oleskan perasan tomat pada rambut dengan menggunakan tangan atau kuas. Jika masih ada sisa, dapat dimasukan ke dalam lemari es karena perasan tomat dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 hari.

Memperindah Bentuk Rambut, Merawat Warna Rambut Agar Tetap Alami, Mengurangi Bau Rambut, Menghilangkan Ketombe

Cara I
Bahan

  • 1 buah tomat
  • segelas air

Cara Pembuatan:

  • Cuci bersih, lalu peras tomat.
  • Campur perasan tomat dengan segelas air.
  • Cara Pemakaian
  • Oleskan perasan tomat

Cara pemakaian:
Oleskan perasan tomat pada rambut dengan menggunakan tangan atau kuas. Jika masih ada sisa, dapat dimasukan ke dalam lemari es karena perasaan tomat bertahan sekitar 3-4 hari.

Cara 2
Bahan:

  • 1 buah tomat
  • air (secukupnya)
  • 2 sdm air perasan jeruk lemon.

Cara pembuatan:

  1. Blender tomat dan air hingga halus.
  2. Campurkan dengan air perasan lemon.

Cara pemakaian:
Oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.


Pencarian Terkait:

  • Apakah mengkonsumsi tomat bagus untuk kulit dan rambut
  • Manfaat tomat untuk rambut
  • apakah tomat bisa membuat tebal rambut
  • cara menggunakan tomat untuk rambut
  • Jeruk nipis dan tomat merawat rambut baik tidak
  • manfaat buah tomat untuk rambut
  • Manfaat tomat sebagai masker rambut
  • Manfaat tomat untuk menumbuhkan rambut
  • Manfaat tomat untuk r
  • manfaat tomat untukrambut

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: