Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Mudah

Cara Merawat Rambut Rontok

Rambut rontok adalah kondisi yang bisa diatasi. Namun tidak jarang hal ini memang menyebabkan seseorang stres karena menurunnya kepercayaan diri. Ada beberapa cara merawat rambut rontok yang bisa diaplikasikan sendiri dirumah tanpa menggunakan produk-produk kimia berbahaya maupun obat-obatan. Namun tentunya melakukan perawatan harus dilakukan secara rutin dan disiplin agar hasilnya bisa terlihat.

Perawatan Rambut Rontok Parah

Cara Mudah Merawat Rambut Rontok

Berikut beberapa cara merawat rambut yang rontok dengan benar agar kerontokan tidak semakin parah:



  • Hindari memperlakukan rambut dengan kasar misalnya dengan menyisirnya terlalu kuat dan terburu-buru. Sisirlah rambut secara perlahan dan jika rambut kusut sisirlah rambut sambil dipegang batang rambutnya agar tidak tertarik sekaligus. Selain itu, gunakan handuk untuk mengeringkan rambut daripada hair dryer. Setelah dikeringkan dengan handuk, biarkan rambut kering dengan sendirinya. Hindari menyisir rambut saat rambut masih dalam keadaan basah karena rambut basah cenderung rapuh.
  • Sebaiknya hindari mengepang, mengikat ataupun menguncir rambut terutama dalam waktu lama misalnya seharian karena ini akan memberikan tekanan pada rambut dan memperparah kerontokan. Lepas kunciran atau ikatan rambut saat akan tidur.
  • Ketika rambut sudah mulai rontok, sebaiknya hentikan penggunaan produk-produk kimia berbahaya seperti melakukan smoothing, rebonding, ataupun pewarnaan rambut. Hal-hal tersebut bisa semakin memperparah kerontokan karena rambut tidak memiliki waktu untuk memperbaiki diri.
  • Jika memang harus menggunakan alat-alat pelurus atau pengering rambut misalnya catokan atau hair dyer, atur agar tingkat panasnya ada di level terendah sehingga tidak begitu merusak rambut. Namun sebaiknya memang hindari menggunakan alat-alat tersebut terutama jika kerontokan rambut sudah parah.
  • Cara merawat rambut rontok selanjutnya, gunakan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai masker rambut misalnya saja seperti lidah buaya. Gunakan daging lidah buaya untuk kemudian diaplikasikan pada rambut mulai dari akar sampai ujungnya. Diamkan selama 20-30 menit kemudian keramas menggunakan shampo seperti biasa. Perawatan sederhana seperti ini bisa dilakukan secara rutin seminggu dua sampai tiga kali. Lidah buaya bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.
  • Selain perawatan dari luar, lakukan juga perawatan dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Pastikan kebutuhan gizi harian terpenuhi. Untuk membantu mengembalikan kesehatan rambut yang rontok, konsumsi makanan yang mengandung zinc, vitamin B, E, C, serta biotin. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan kuku dan rambut.

 

Itulah beberapa perawatan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah untuk mengatasi rambut yang rontok. Lakukan cara merawat rambut rontok tersebut secara rutin dan teratur untuk memaksimalkan hasilnya. Namun jika rambut rontok secara tidak normal misalnya sampai menyebabkan kebotakan dalam waktu relatif singkat sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti kondisi tersebut. Karena bisa saja ia disebabkan karena gangguan kondisi kesehatan tertentu.


Pencarian Terkait:

  • mengatasi rambut rontok masih muda

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: