Cara Mengurangi dan Mencegah Rambut Rontok

Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok memang seringkali membuat siapapun menjadi stres karena mempengaruhi penampilan. Tidak sedikit yang berupaya mencari cara mengurangi rambut rontok mulai dari penggunaan bahan alami sampai obat-obatan. Namun sebenarnya rambut rontok bisa diatasi dan dikurangi dengan melakukan perawatan sederhana yang tidak memakan banyak biaya. Hanya saja, perawatan harus dilakukan dengan rutin agar hasilnya signifikan.

Cara mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok

Ketika mengalami kerontokan, otomatis volume rambut berkurang dan membuatnya jadi lebih tipis. Padahal setiap orang menginginkan rambut yang tebal dan sehat. Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengurangi kerontokan rambut dan mengembalikan ketebalannya:

  • Sebelum keramas, oleskan beberapa tetes minyak kelapa murni ataupun minyak zaitun pada kulit kepala. Kemudian, lakukan pemijatan secara lembut dikulit kepala selama 3-5 menit. Biarkan ia meresap selama 20-30 menit dan tutup menggunakan shower cap atau handuk lembab. Baru kemudian keramas seperti biasa menggunakan shampo. Lakukan rutinitas ini tiap kali akan keramas untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.
  • Manfaatkan telur dikulkas sebagai bahan perawatan alami untuk mengurangi rambut rontok. Caranya, siapkan satu sampai dua butir telur (tergantung panjang rambut). Kemudian aplikasikan telur pada rambut lalu biarkan selama kurang 5 hingga 10 menit. Baru kemudian bilas menggunakan air hangat dan keramas menggunakan shampo seperti biasa. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.
  • Cara mengurangi rambut rontok selanjutnya bisa dengan memanfaatkan jeruk. Jeruk yang kaya akan vitamin C dan antioksidan ini ternyata berkhasiat untuk mengurangi kerontokan dan membantu menebalkan rambut. Caranya, peras air jeruk kemudian aplikasikan pada rambut mulai dari akar hingga ujungnya. Lalu biarkan ia meresap selama 20-30 menit baru kemudian bilas dengan air bersih. Selain mengurangi kerontokan, jeruk juga memberikan manfaat lainnya untuk rambut yaitu mencegah dan mengurangi ketombe.
  • Agar kerontokan tidak semakin parah, stimulasi pertumbuhan rambut dengan rutin mengaplikasikan masker misalnya masker lidah buaya. Caranya, bersihkan lidah buaya kemudian ambil dagingnya dan haluskan. Aplikasikan pasta lidah buaya tersebut pada rambut secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit agar nutrisinya meresap kedalam rambut. Bilas rambut dengan air bersih dan keramas menggunakan shampo seperti biasa. Ulangi perawatan ini dua kali dalam seminggu. Baca Juga cara atasi kerontokan rambut rontok.

 

Cara Mencegah Rambut Rontok Datang Lagi

Rambut rontok bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dicegah. Ada berbagai cara mencegah rambut rontok yang bisa dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa rambut yang rontok sebanyak 100-150 helai per hari bisa dikatakan normal. Jadi, jika setiap kali menyisir terlihat beberapa helai rambut disisir itu adalah hal yang normal. Terkecuali jika yang rontok sudah melebihi batas normal maka perlu dilakukan perawatan yang benar untuk mengatasinya.



Penyebab Rambut Rontok Parah dan cara mengatasinya

Tips Cara Mencegah Rambut Rontok

Kerontokan rambut bisa dicegah dengan menjalani hidup sehat dan menghindari hal-hal yang bisa merusak kesehatan rambut. Agar terhindar dari kerontokan dan rambut senantiasa sehat, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Hindari menyisir saat rambut masih dalam kondisi basah. Tunggu hingga rambut setengah kering barulah disisir. Kemudian, sisirlah rambut dengan lembut dan hindari tekanan berlebihan. Jika rambut kusut, sisirlah sambil memegang batang rambut agar tidak tertarik dan membuatnya rontok. Gunakan sisir yang memiliki gerigi jarang. Sisir dengan gerigi yang penuh atau rapat biasanya membuat rambut tertarik dan rontok.
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut sampai setengah kering lalu biarkan ia kering dengan sendirinya. Sebaiknya hindari penggunaan hair dyer terlalu sering karena panas dari hair dryer bisa membuat rambut raput dan mengalami kerontokan. Jika tidak benar-benar diperlukan, hindari juga blow-drying ataupun mencatok rambut. Tekanan dan suhu panas akan memicu kerontokan rambut.
  • Cara mencegah rambut rontok selanjutnya, hindari penggunaan produk-produk perawatan berbahan kimia. Sebaliknya, gunakan bahan-bahan alami disekitar untuk merawat kesehatan rambut. Misalnya saja menggunakan lidah buaya untuk masker rambut. Atau menggunakan minyak zaitun untuk memijat kulit kepala dan menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga membuatnya senantiasa sehat.
  • Cegah kerontokan rambut dengan tidak sering melakukan hal-hal yang tidak perlu misalnya bergonta-ganti warna rambut dalam waktu singkat, melakukan rebonding, smoothing, dll. Proses-proses tersebut melibatkan penggunaan bahan-bahan kimia keras yang bisa merusak kesehatan rambut.
  • Potong ujung rambut secara berkala misalnya 2-3 bulan sekali. Ujung rambut seringkali mengalami kekeringan atau pecah-pecah dan membuatnya rapuh sehingga rambutpun rontok. Memotong ujung rambut secara berkala bisa membantu rambut tumbuh dengan sehat. Potong ujung rambut hanya sekitar 0.5- 1cm saja dan rambutpun akan tumbuh dengan sehat.
  • Cegah rambut rontok dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian terutama dengan mengonsumsi sumber protein, zinc, biotin, serta berbagai jenis vitamin. Tubuh yang ternutrisi dengan baik akan menjaga metabolisme tetap lancar. Dampaknya, rambut akan senantiasa sehat dan terhindar dari kerontokan.

Selain melakukan beberapa cara diatas, mengurangi kerontokan rambut juga bisa dilakukan dengan cara mengatasi stres. Terkadang stres yang berlebihan bisa membuat rambut mengalami kerontokan berlebihan. Stres memicu ketidakseimbangan hormon pada tubuh dan bisa memicu kerontokan rambut. Jadi, rambut rontok juga bisa dipicu oleh masalah psikologis. Penuhi kebutuhan istirahat dengan menjalani pola tidur dan makan yang teratur, berolahraga, serta menghindari faktor pemicu stres. Itulah yang terbaik sebagai cara mencegah rambut rontok. Sehingga salah satu cara mengurangi rambut rontok bisa dengan mengelola stres. Caranya bisa dengan berolahraga, terapi relaksasi, dsb.


Pencarian Terkait:

  • cara mencegah ketombe secara alami
  • cara mencegah rambut lepek
  • cara meratakan rambut rontok
  • caramenycegahrambutrontok
  • hal yg harus dilakukan saat rambut rontok dalam volume yg banyak
  • mencegah rambut rontok datang lagi

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: