Cara Mengatasi Rambut Rontok, Bisa Langsung Kamu Coba

cara mengatasi rambut rontok

Masalah rambut rontok menjadi problem serius yang dihadapi oleh sebagian besar orang di berbagai penjuru dunia. Tak hanya mereka yang berusia lanjut, masalah ini juga dihadapi oleh kamu muda. Berbagai cara mengatasi rambut rontok pun dicoba, termasuk di antaranya dengan menggunakan produk-produk terkemuka di pasaran. Sayangnya, tak semuanya membuahkan hasil.

Hal inilah yang diungkapkan oleh founder American Hair Loss Association, Spencer Kobren. Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan produk serta memberikan layanan tentang cara mengatasi rambut rontok yang efektif. dan sebagai pakar kesehatan rambut, Kobren menyarankan agar setiap penderita kerontokan rambut berhati-hati ketika menggunakan produk tertentu.

Cara mengatasi rambut rontok

Data Kasus Kerontokan Rambut di Dunia

Jika dilihat dari data yang ada, jumlah penderita rambut rontok di dunia memang sangat banyak. Bahkan, lebih dari 50% laki-laki berusia di atas 50 tahun mengalami masalah ini. Tidak mengherankan kalau bisnis ini sangat menggiurkan, dengan nilai mencapai US$3,5 miliar.

Pernyataan yang diungkapkan oleh Kobren juga ditunjang dengan laporan yang dirilis oleh Consumer Reports. Dalam survei yang mereka lakukan terhadap 8.000 responden, mayoritas penderita kerontokan rambut memiliki rasa tidak percaya terhadap efektivitas produk perawatan rambut rontok yang dijual di pasaran. Mereka menganggap, operasi plastik lebih efektif dibandingkan pemakaian produk di pasaran.

Perlu diketahui, para responden yang terlibat dalam survei ini memiliki pengalaman personal dengan rambut rontok. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40% wanita dan 27% laki-laki mengaku telah mencoba perawatan serta produk untuk mengatasi masalah rambut rontok. Namun, sebanyak 49% responden mengaku kalau hasilnya tidak efektif.

 

Apabila upaya perawatan sudah dilakukan namun hasilnya tidak bisa diharapkan. Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk menutupi area kepala yang mengalami kerontokan parah atau bahkan kebotakan. Yaitu dengan menggunakan hair concelear. Cara ini cukup praktis dan bisa berhasil secara instan terhadap penampilan Anda. Dan pastinya tidak memiliki efek samping apapun karena tidak menggunakan zat-zat kimia berbahaya.

Sebelum membahas tentang apa itu hair concelear dan bagaimana cara kerjanya. Ada baiknya kamu mengetahui apa saja pemicu kerontokan rambut, bagaimana gejalanya dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini:

Rambut Rontok sebagai Pemicu Kebotakan

 

cara mengtasi rambut rontok
Cara mengtasi rambut rontok, Waspadai karontokan bisa memunculkan kebotakan. 

Masalah rambut rontok menjadi hal yang serius karena dampak yang ditimbulkannya. Kalau kerontokan tersebut tidak segera diselesaikan, bisa memunculkan kebotakan. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, karena bisa berpengaruh terhadap rasa percaya diri ketika tampil di depan umum.

Dalam ilmu medis, masalah kerontokan rambut dikenal dengan nama alopecia. Rambut yang awalnya baik-baik saja, akan mengalami kebotakan kalau menderita alopecia. Dalam kasus yang ekstrem, kulit kepala bisa menjadi plontos dan mengkilat. Pada beberapa kasus, alopecia juga membuat rambut menjadi lebih tipis dan mudah patah.

Pada kasus yang langka, alopecia juga bisa menghilangkan kulit kepala serta batang rambut secara menyeluruh. Pada kejadian ini, rambut memang bisa tumbuh kembali setelah beberapa bulan. Hanya saja, permasalahan itu kemudian akan muncul di area lain.

Kebotakan Tak Hanya Terjadi pada Laki-Laki, Tapi Juga Wanita

cara mengatasi rambut rontok pada wanita

Masalah kebotakan akibat rambut rontok secara terus menerus juga bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya laki-laki, tapi juga perempuan dan bahkan anak-anak. Di Inggris, kasus alopecia muncul sebanyak 15 kali pada setiap 10.000 orang. Bahkan, kemunculan masalah kerontokan rambut ini biasanya bisa diketahui sejak usia remaja.

Hampir 50% kasus alopecia bisa diketahui sejak usia kurang dari 21 tahun. Kasus kerontokan rambut ini juga tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Persentase kemunculannya, baik pada laki-laki atau perempuan cukup seimbang. Sebagai catatan, pengaruh alopecia tidak akan terlalu parah kalau bermula di usia lanjut.

Gejala dan Penyebab Masalah Rambut Rontok

cara mengatasi rambut rontok

Lalu, bagaimana cara mengetahui gejala kerontokan rambut ini? Secara umum, kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan bisa dilihat dari kemunculan pitak-area tertentu yang tak ditumbuhi rambut. Pitak tersebut biasanya berbentuk lingkaran seukuran koin logam.

Saat muncul pitak, secara keseluruhan rambut akan terlihat baik-baik saja. Bahkan, daerah kepala yang pitak juga terlihat sehat. Terkadang, bagian tersebut mungkin terlihat mengalami perubahan warna menjadi agak merah, gatal, atau bersisik. Setelah kemunculan pitak pertama, akan muncul pitak berikutnya. Hanya saja, lokasinya tidak bisa diprediksi.

Terkait kebotakan akibat rambut rontok, kamu juga perlu mengetahui 3 siklus pertumbuhan rambut. Tiga siklus ini memiliki peran penting untuk mengetahui jenis kebotakan yang tengah dialami, yakni:

anagen

  • Anagen

Anagen merupakan tahap awal pertumbuhan rambut yang terjadi di folikel. Pada fase ini, pertumbuhan rambut berlangsung secara aktif, bisa mencapai 1 cm setiap 28 hari. Fase ini berlangsung antara 2 sampai 6 tahun, bergantung pada warna rambut serta bentuk folikel.

  • Catagen

Catagen merupakan masa transisi antara anagen dan telogen yang berlangsung cukup singkat, sekitar 1 sampai 2 minggu. Pada fase ini, jumlah rambut yang tumbuh tidak terlalu banyak, sekitar 1% dari keseluruhan.

  • Telogen

Telogen merupakan masa istirahat. Fase telogen bisa dilihat dengan jelas dengan adanya ciri banyak rambut yang rontok. Bahkan, kalau rambut rontok mencapai 100 helai per hari merupakan sebuah fenomena yang normal. Di waktu yang sama, fase ini juga menjadi penanda kemunculan siklus pertumbuhan rambut yang baru.

 

Berdasarkan fase pertumbuhan rambut tersebut, terdapat pembagian 3 jenis kebotakan, yakni:

    1. Androgenetic Alopecia

      Masalah kerontokan rambut yang satu ini terjadi karena faktor genetik. Pada tipe kerontokan ini, durasi fase anagen semakin memendek. Akibatnya, rambut baru yang muncul merupakan rambut dengan ukuran yang sangat tipis. Hingga akhirnya, folikel tak lagi menumbuhkan rambut baru.

    2. Alopecia Areata

      Masalah rambut rontok berikutnya adalah alopecia areata. Penyebab dari kebotakan jenis ini adalah adanya kesalahan pada sistem imun. Alih-alih menyerang sel penyakit, sistem imun pada tubuh malah menyerang folikel rambut. Hasilnya, rambut pun gampang rontok. Tidak hanya itu, masalah rambut rontok ini juga diperparah dengan kehadiran fase telogen yang terlalu cepat.

    3. Telogen Effluvium

      Pada jenis masalah kebotakan ini, rambut akan mengalami masa telogen secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang banyak. Akibatnya, rambut menjadi berukuran lebih tipis. Rambut yang rontok akibat masalah kebotakan ini biasanya tidak lebih dari 50 persen. Penyebab masalah kerontokan rambut ini juga beragam, di antaranya adalah:

      1. Stress mental atau fisik
      2. Konsumsi nutrisi yang buruk
      3. Efek samping konsumsi obat-obatan
      4. Perubahan kadar hormon dalam tubuh,

Selain 3 jenis kebotakan tersebut, ada pula 2 jenis lain yang tidak berkaitan erat dengan fase pertumbuhan rambut, yakni:

1. Trichotillomania

Kebotakan ini terjadi akibat kebiasaan mencabut rambut yang dilakukan oleh seseorang. Area yang terdampak biasanya adalah daerah di sekitar lokasi pencabutan rambut.

2. Traction Alopecia

Kebotakan jenis traction alopecia muncul karena jenis gaya rambut yang sering digunakan. Kebotakan jenis ini muncul pada ujung potongan rambut, biasanya di sekitar wajah serta jidat. Pada wanita, masalah rambut rontok ini juga bisa muncul ketika memilih mengikat rambut dengan ketat.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Kerontokan Rambut

Cara mengatasi kerontokan rambut dan mencegahnya

Setelah mengetahui penyebab masalah kerontokan rambut tersebut, kamu pun bisa melakukan langkah preventif. Terdapat 4 hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah dan mengatatasi kerontokan rambut, yakni:

1. Hindari Aktivitas Yang Merusak Rambut

Hal pertama yang harus kamu lakukan kalau ingin mencegah kerontokan rambut adalah dengan mengurangi atau bahkan menghindari aktivitas yang merusak mahkotamu. Apa saja aktivitas yang terhitung merusak rambut tersebut? Lima kegiatan ini adalah di antaranya:

Penggunaan Hair Dryer

Cara mengatasi rambut rontok - Hindari penggunaan hair dryer

Kalau kamu adalah tipe orang yang terbiasa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut sehabis mandi, sebaiknya mulai menguranginya. Alasan utamanya adalah, panas yang ditimbulkan oleh hair dryer bisa membuat rambut lebih tipis. Kalau dilakukan secara terus-menerus, rambut akan gampang rontok dan bisa muncul kebotakan. Sebagai alternatifnya, kamu bisa memilih untuk mengeringkan rambut secara alami

Masalah rambut yang menipis seperti ini tidak hanya terbatas pada penggunaan hair dryer. Alat-alat perawatan rambut lain yang menimbulkan panas juga punya dampak serupa. Alat-alat tersebut antara lain adalah hot curler ataupun hair straightener.

Aktivitas Pengeritingan Rambut

pengeritingan rambut

Kebiasaan mengeriting juga berdampak buruk pada kesehatan rambut. Apalagi, kalau proses pengeritingan rambut itu menggunakan bahan-bahan kimia. Metode pengeritingan rambut tersebut berdampak buruk karena bisa merusak jaringan di dalam rambut. Hasilnya, rambut menjadi gampang patah, kering, dan mudah rontok.

Pewarnaan Rambut

pewarnaan rambut dapat menyebabkan rambut rontok

Mewarnai rambut memang memberikan penampilan yang lebih menarik. Kepercayaan diri pun bisa meningkat karena memiliki rambut dengan warna yang cantik. Namun, di sisi lain, aktivitas ini juga berdampak buruk dan bahkan bisa menimbulkan masalah kerontokan.

Alasan utamanya tak lain adalah karena pemakaian bahan kimia dalam proses pewarnaan tersebut. Apalagi, kalau kamu terbiasa mewarnai rambut setiap 4 sampai 6 minggu. Kalaupun rambut kamu mulai berubah warna menjadi agak keputihan, alangkah lebih baik membiarkannya dalam kondisi tersebut. Punya rambut lebih baik dari pada tak memilikinya, kan?

Bleaching Rambut

Bleaching rambut

Seperti halnya pewarnaan, bleaching rambut juga menimbulkan dampak yang berbahaya. Bleaching dilakukan untuk menghilangkan warna alami rambut. Dalam praktiknya, bleaching menggunakan bahan kimia yang berfungsi untuk menghilangkan pigmen rambut.

Dalam proses ini, rambut pun mengalami perubahan struktur dan membuatnya lebih rapuh. Dampak dari bleaching ini pun kian parah kalau kamu terbiasa melakukannya beserta dengan blow drying serta penataan rambut.

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

cara Mengatasi rambut rontok
Cara Mengatasi rambut rontok, hindari mengikat rambut terlalu kencang bisa memunculkan masalah kerontokan rambut.

Mengikat rambut memang membuat penampilanmu jadi lebih rapi dan keren. Namun, kamu juga perlu memperhatikan untuk tidak mengikatnya terlalu ketat. Apalagi, kalau aktivitas mengikat rambut itu kamu lakukan setiap hari.

Seperti diketahui, aktivitas mengikat rambut terlalu kencang bisa memunculkan masalah kerontokan yang disebut traction alopecia. Untuk menghindari masalah ini, caranya tak terlalu sulit. Usahakan untuk tak membiasakan diri mengikat rambut, terutama kalau ikatannya sangat kencang.

2. Lakukan Perawatan Rambut Secara Intensif

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah rambut rontok adalah dengan melakukan perawatan secara intensif. Terdapat 4 cara perawatan rambut yang perlu kamu perhatikan kalau tak ingin rambutmu menjadi botak, yakni:

Perhatikan Komposisi Shampo yang Dipakai

Cara mengatasi rambut rontok

Pemakaian sampo menjadi hal yang krusial dalam cara mengatasi rambut rontok sekaligus mencegahnya. Kamu harus memastikan kalau sampo yang dipakai adalah tipe sampo yang ringan. Dalam hal ini, sampo tersebut tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi rambut seperti, iritasi ataupun rambut jadi lebih kering.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa komposisi sampo yang kamu pakai sehari-hari. Salah satu bahan yang berbahaya adalah sodium lauryl sulfate. Bahan ini bisa diperoleh dengan harga murah dan mampu membersihkan rambut dengan efektif. Namun, ada dampak iritasi yang muncul akibat penggunaannya.

Pilih Sampo yang Sesuai dengan Tipe Rambut

cara mengatasi rambut rontok

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam perawatan rambut adalah memilih tipe sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Misalnya, kalau rambut kamu memiliki masalah ketombe, gunakan sampo anti-dandruff. Dengan memilih sampo yang sesuai, rambut kamu bisa terlihat lebih sehat dan cantik.

Perhatikan Sisir yang Dipakai

caranya mengatasi rambut rontok

Pemakaian sisir juga menjadi hal yang krusial dalam perawatan rambut. Pakai sisir yang lembut untuk rambut tebal. Selain itu, hindari aktivitas menyisir ketika rambut dalam kondisi basah.

Lakukan Pemijatan Kulit Kepala

Mengatasi rambut rontok dengan memijit kulit kepala

Memijat kulit kepala juga berdampak positif pada kesehatan rambut. Usahakan untuk melakukan aktivitas ini secara rutin. Cara pemijitannya juga sangat sederhana. Kamu bisa menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa, lavender, ataupun almon untuk melancarkan sirkulasi darah pada permukaan kulit dan folikel rambut.

3. Pilih Makanan yang Bernutrisi Tinggi

Memperhatikan jenis makanan juga menjadi hal yang penting kalau ingin rambutmu tetap sehat dan tak mengalami masalah kerontokan.

Diet yang Seimbang

Diet tak hanya berguna untuk menjaga berat badan. Diet yang sehat juga perlu kamu lakukan untuk memperoleh rambut yang tak mudah rontok. Konsumsi beragam jenis buah dan sayur yang menjadi sumber nutrisi bisa mendorong pertumbuhan rambutmu. Untuk daftar nutrisi penting bagi rambut, bisa kamu baca pada poin-poin berikutnya.

Agar diet bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu membiasakan untuk mengonsumsi makanan organik. Makanan organik ditanam dengan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa berdampak negatif pada pertumbuhan rambut.

Pilih Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi menjadi salah satu nutrisi penting yang perlu kamu perhatikan kalau ingin mempunyai rambut sehat dan tak mudah rontok. Kalau kekurangan zat ini, bisa memunculkan anemia yang selanjutnya berdampak ada pasokan nutrisi untuk folikel. Hingga akhirnya, rambut mudah rontok.

Sebagai solusinya, kamu bisa mendapatkan asupan zat besi dari berbagai jenis makanan. Daging merah, ayam, serta ikan merupakan sumber zat besi yang bagus. Alternatifnya, kamu juga bisa memperoleh asupan nutrisi ini dari beragam jenis sayuran seperti brokoli, kale, serta bayam.

Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi

Cara mengatasi rambut rontok dengan konsumsi makanan nutrisi tinggi

Protein tinggi juga menjadi nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Asam amino pada protein berguna untuk menguatkan rambut.  Kalau tubuhmu kekurangan protein, bisa membuat rambut kering dan mudah rontok.

Sampo biasanya memang dilengkapi dengan asam amino. Namun, efek yang diperoleh bakal lebih bagus kalau kamu menambahnya dengan diet yang sehat. Beberapa makanan sumber protein tinggi yang bisa kamu konsumsi antara lain adalah berbagai jenis hasil laut, daging unggas, susu, yogurt, telur, kacang kedelai, ataupun brokoli.

Konsumsi Makanan Bervitamin C

Konsumsi vitamin C membantu tubuhmu untuk bisa meresap zat besi jadi lebih cepat. Oleh karena itu, kombinasi antara makanan yang mengandung zat besi serta vitamin C sangat disarankan oleh para ahli kesehatan.

Di waktu yang sama, vitamin C juga berguna untuk meningkatkan produksi kolagen yang berguna memperkuat pembuluh kapiler. Pembuluh inilah yang nantinya bertugas untuk menyalurkan asupan nutrisi bagi rambut. Banyak sumber vitamin C yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah brokoli, kale, tomat, stroberi, ataupun jeruk.

Pilih Menu yang Punya kandungan Omega 3

Makanan yang mengandung Omega 3 juga harus menjadi konsumsi wajib kalau ingin rambut sehat dan tak mudah rontok. Nutrisi yang satu ini berperan untuk mencegah rambut jadi kering dan rapuh. Apalagi, Omega 3 merupakan lemak yang tak diproduksi oleh tubuh manusia.

Sebagai gantinya, ada berbagai menu yang bisa kamu pertimbangkan kalau ingin mendapat asupan Omega 3. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah ikan tuna, salmon, walnut, serta biji buah labu.

Pilih makanan Dengan Biotin Tinggi

Nutrisi berikutnya yang penting bagi rambut adalah biotin—vitamin B yang larut dalam air. Tubuh yang kekurangan biotin berdampak pada rambut yang rapuh. Kalau berlangsung secara terus-menerus, kondisi ini bisa mempercepat proses kerontokan rambut. Biotin bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti putih telur, kedelai, sayuran hijau, serta pisang.

Pertimbangkan Untuk Mengonsumsi Suplemen

Kalau kamu adalah tipe orang yang jarang mengonsumsi buah atau sayur, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen sebagai penggantinya. Pastikan suplemen yang kamu konsumsi memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut seperti telah disebutkan.

Ketahui Makanan yang Harus Dihindari

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui berbagai jenis makanan yang harus dihindari. Hal ini penting agar diet sehatmu bisa berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang diinginkan. Secara khusus, kamu harus menghindari makanan yang berkontribusi pada masalah kerontokan rambut.

Beberapa bahan yang perlu kamu tinggalkan di antaranya adalah pemanis buatan aspartam yang kerap disebutkan sebagai penyebab penipisan dan kerontokan rambut. Bahan tambahan pangan juga menjadi hal yang harus kamu hindarkan. Bahan tambahan pangan ini beragam, bisa berupa pewarna, pengawet, pengembang, pengental, dan lain-lain.

4. Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Medis

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara merawat rambut berikutnya adalah dengan mempertimbangkan pemakaian layanan tenaga medis. Kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi setelah mengetahui ada tanda-tanda berikut:

      • Kerontokan rambut terjadi masif pada usia muda, ketika remaja atau usia 20 tahunan.
      • Ada tanda pitak di dagu dan alis.
      • Rasa gatal di kepala yang disertai dengan rambut rontok.
      • Mengalami penambahan berat, mudah lelah, serta sering mengalami kedinginan.
      • Kerontokan rambut dengan pola yang tak teratur.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa perawatan masalah kerontokan rambut pada wanita dan laki-laki sangat berbeda. Alasan utamanya, karena penyebab masalah rambut rontok pada laki-laki dan wanita jauh berbeda.

Pada laki-laki, masalah rambut rontok muncul akibat faktor keturunan. Bentuk kebotakan yang kerap terjadi adalah pola huruf M pada kepala bagian depan. Sementara itu, masalah rambut rontok pada perempuan biasanya lebih disebabkan karena masalah menopause.

Lalu, pengobatan seperti apa yang biasa digunakan untuk mengobati masalah kerontokan rambut? Ada 4 metode yang secara umum dimanfaatkan, yakni:

1. Minoxidil

mengatasi rambut rontok dengan obat minoxidil

Obat yang satu ini berguna untuk membantu memperlancar peredaran darah. Obat ini dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah rambut rontok. Minoxidil yang biasanya berbentuk cair atau busa ini merupakan tipe obat yang harus digunakan secara terus-menerus.

Pemakaian minoxidil secara rutin itu berguna untuk mempertahankan rambut yang baru tumbuh. Kalau pemakaiannya dihentikan, masalah kerontokan akan kembali hinggap ke kepalamu. Selain itu, efek dari obat ini cukup lama, bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Meski terbukti cukup efektif dalam mengatasi kerontokan rambut, minoxidil juga memiliki efek samping yang cukup mengganggu. Efek samping yang sering muncul akibat pemakaian obat ini adalah rasa gatal serta kulit kepala terbakar. Pada kasus yang langka, juga bisa muncul dampak berbahaya seperti pusing kepala, sakit pada bagian dada, gangguan mata, hingga jantung yang berdebar-debar.

Obat luar ini bisa digunakan baik untuk laki-laki dan wanita. Hanya saja, pemakaiannya sangat dibatasi, terutama ketika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Seperti halnya penggunaan obat ini pada lelaki, efeknya hanya bisa dirasakan dengan pemakaian secara rutin.

2. Finasteride

cara mengatasi rambut rontok secara medis

Kalau minoxidil adalah obat luar, maka finasteride adalah jenis obat yang berbentuk tablet dan hanya ditujukan untuk laki-laki. Obat ini bekerja dengan memengaruhi hormon pada tubuh. Biasanya, obat ini butuh waktu sekitar 6 bulan untuk memperlihatkan hasilnya.

Hanya saja, efektivitas obat ini bisa dirasakan ketika konsumsi obat dilakukan. Sebaliknya, kalau konsumsi finasteride dihentikan, masalah rambut rontok akan kembali muncul. Selain itu, konsumsi obat ini juga bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti depresi dan impoten.

 

3. Antiendrogen

Antiendrogen dipakai sebagai salah satu sarana untuk mengatasi masalah rambut rontok. Secara khusus, masalah kerontokan yang paling sering muncul pada wanita adalah androgenic alopecia yang disebabkan karena gangguan hormon. Penggunaan obat antiendrogen bermanfaat untuk menghilangkan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang menghambat pertumbuhan rambut di folikel.

4. Suplemen Zat Besi

Pemberian suplemen zat besi menjadi pola pengobatan masalah rambut rontok yang dihadapi oleh wanita. Secara khusus, ada 3 kasus yang mengharuskan pemakaian metode pengobatan masalah rambut rontok ini, yaitu untuk seorang wanita vegetarian, wanita yang pernah anemia, serta wanita yang mengalami pendarahan hebat saat menstruasi.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan cara alami

Kalau kamu sudah telanjur memiliki masalah kerontokan rambut, tidak perlu khawatir. Ada cara mengatas rambut rontok yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun bisa diperoleh dengan mudah dan tidak menimbulkan efek samping, karena merupakan bahan alami.

1. Menyuburkan Rambut dengan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Lidah buaya dipercaya menjadi bahan alami yang berguna untuk menyuburkan rambut. Di waktu yang sama, tumbuhan ini juga memiliki manfaat besar dalam mengatasi rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan ini juga mudah. Kamu bisa mencampurkannya bersama dengan bubuk daun mimba serta minyak kelapa.

Campuran 3 bahan tersebut selanjutnya dioleskan ke permukaan kepala dan didiamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, kamu bisa membasuhnya menggunakan sampo. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin sekali seminggu, kamu bisa melihat hasilnya secara langsung.

Lidah buaya yang dikenal dengan nama aloe vera memang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi bagi tubuh. Sejak dulu, tanaman ini dimanfaatkan sebagai sarana penyubur rambut, perawatan kulit, dan bahkan untuk pengobatan luka. Di era modern, aloe vera kerap digunakan sebagai bahan untuk beragam produk kosmetik.

Secara khusus, aloe vera memiliki manfaat besar untuk perawatan rambut. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1998, aloe vera terbukti bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala. Rasa gatal ini merupakan salah satu gejala kemunculan ketombe.

Sementara itu, daun mimba memiliki karakteristik sebagai antibakteri dan antifungi yang membuatnya sebagai bahan efektif untuk menghilangkan ketombe. Di waktu yang sama, daun ini juga memiliki efek memperkuat folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

2. Mengoleskan Rambut dengan Teh Hijau

mengatasi rambut rontok menggunakan teh hijau

Menggunakan teh hijau untuk mengatasi rambut rontok juga menjadi langkah yang bisa dicoba. Apalagi, teh hijau dikenal sebagai bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi. Bahan ini memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan sekaligus membantu pertumbuhan rambut.

Secara khusus, zat dalam teh hijau yang berguna mengatasi rambut rontok adalah catechin poliphenol. Catechin membantu menekan hormon DHT yang menjadi penyebab utama masalah kerontokan.

Selain itu, teh hijau juga memiliki beragam nutrisi lain seperti zink, carotenoid, tacopherol, serta selenium. Zat-zat tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebagai tambahan, konsumsi teh hijau juga menjadi solusi efektif menghilangkan stres dan depresi.

Adapun Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau juga sangat mudah. Kamu bisa menyeduh 2 kantong teh hijau ke dalam 1 cangkir air panas. Setelah cukup dingin, kamu bisa mengoleskannya ke rambut dan diamkan selama 1 jam. Selanjutnya, cuci rambut hingga bersih.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencampurkan 1 butir telur dengan teh hijau dan selanjutnya mengoleskannya ke permukaan kulit kepala. Biarkan hingga kering selama 1,5 jam. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan rambut dengan air dingin.

Selain dipakai untuk perawatan langsung, konsumsi teh hijau juga bisa memberikan dampak positif pada rambut. Secara khusus, kandungan kafeina pada teh hijau mempercepat pertumbuhan rambut.

3. Mengembalikan Kelembapan Rambut dengan Minyak Kelapa

mengatasi rambut rontok dengan minyak kelapa

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya bisa dilakukan dengan mengembalikan kelembapan rambut. Untuk metode yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa. Sebagai alternatif, bisa pula menggunakan minyak bunga canola. Minyak tersebut digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Adapun cara mengaplikasikannya tidak terlalu sulit. Kamu tinggal menghangatkan minyak sampai kira-kira suhu 40 derajat celcius. Selanjutnya, oleskan minyak yang telah hangat itu ke permukaan rambut. Tutup kepala menggunakan shower cap dan diamkan kira-kira 30 menit.

Setelah selesai, kamu bisa membersihkan rambut menggunakan sampo. Sebagai tambahan, bisa pula memanfaatkan mayonaise sebagai conditioner. Caranya tak jauh berbeda ketika menggunakan conditioner biasa. Tinggal mengoleskannya ke rambut dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih.

4. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Kemiri 

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri
Buah kemiri (aleurites moluccana wmerupakan salah satu tanaman tahunan yang termasuk dalam famili Euporbiaceae (jarak-jarakan). Masa panen tanaman buah kemiri bisa mencapai 25-40 tahun. Ketinggian pohon buah kemiri bisa hingga sampai 40 m. Daun kemiri berwarna hijau sepanjang tahun yang menghasilkan buah kemiri, daging buahnya kaku dan mengandung 1-2 biji yang diselimuti oleh kulit biji yang keras.
Kemiri mengandung sejumlah zat kimia yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut, mengatasi rambut rontok, dan menghitamkan rambut secara alami.

Gunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kemiri bisa dibuat sendiri ataupun membeli yang sudah jadi. Pembuatan minyak kemiri bisa dilakukan sendiri yaitu dengan cara kemiri di sangrai, dihaluskan kemudian diperas.  Usapkan beberapa tetes minyak kemiri pada rambut mulai dari akar sampai ujungnya. Kemudian, diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas rambut sampai bersih menggunakan shampo seperti biasa. Ulangi perawatan ini seminggu sekali atau dua kali.

 

5. Menggunakan Buah Apel

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Ekstrak Apel
Apel juga merupakan solusi cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami karena didalam daging apel mengandung suatu senyawa yang bernama procyanin B-2. procyanin B-2 memiliki aktivitas yang sama dengan monoksidil yaitu meningkatkan aktivitas pertumbuhan sel folikel rambut dan merangsang perubahan siklus rambut dari fase telogen menjadi fase anagen dengan cara menurunkan level Protein Kinase C (PKC),
dalam sitosol dan menghambat translokasi isoenzim ke dalam fraksi sel-sel epitel rambut.

6. Memakai Seledri.

Cara Menumbuhkan Rambut
Seledri memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, terutama pada batang dan daun mengandung berbagai AntioksidanNatrium, vitamin A dan B, kalsium, dan zat besi, dan senyawa kimia poliasetilena yang berfungsi sebagai anti-jamur dan anti-bakteri.  Dengan Kandungan yang baik pada seledri inilah yang membuat seledri sangat bagus sebagai cara menumbuhkan rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga rambut tetap sehat serta berkilau. Anda pun bisa membuat sendiri masker rambut seledri. Caranya, ambil dan bersihkan beberapa batang seledri kemudian haluskan dan campur sedikit air. Peras seledri yang telah dihaluskan tersebut dan simpan airnya diwadah atau botol. Kemudian simpan semalaman dan gunakan air perasan seledri tersebut dipagi hari pada rambut secara merata. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih.

 

7. Efektif Atasi Rambut Rontok dengan Bawang Putih

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bawang Putih
Keutamaan bawang putih ialah kandungan sulfur yang sangat tinggi. Kandungan sulfur dari bawang putih akan sangat bermanfaat untuk memperkuat sel folikel rambut dan memicu pertumbuhan sel folikel rambut, sehingga rambutmu akan semakin kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kulit kepala.

8. Hair mask alami

Hair mask menjadi salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Perawatan rambut dengan hair mask bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Caranya tidak terlalu sulit dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa kamu peroleh dengan mudah.

Cara membuat masker rambut sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak zaitun dalam sebuah mangkok.
  • Tambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya.
  • Aduk hingga rata dan selanjutnya, kamu bisa mengoleskan campuran bahan tersebut ke rambut.

mengatasi rambut rontok dengan hair mask alami

Campuran tersebut berguna untuk memperkuat akar rambut sehingga tak mudah rontok. Selain campuran tersebut, ada pula alternatif bahan lain, yakni campuran antara buah alpukat dengan minyak kelapa.

Alpukat merupakan jenis buah yang kaya nutrisi. Buah ini memiliki beragam kandungan seperti vitamin K, B5, C, B6, E, potasium, folat, mangan, zat besi, vitamin B1, A, B2, dan protein. Asupan beragam nutrisi tersebut bisa membuat rambut jadi terlihat lebih cantik, sehat, dan tentunya tak mudah rontok.

Dengan mengikuti langkah ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang tidak kalah dibandingkan dengan perawatan hair mask di salon. Di waktu yang sama, biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih murah.

9. Meditasi Untuk Menghilangkan Stres

cara mengatasi rambut rontok

Cara mengatasi rambut rontok dengan alami berikutnya adalah lewat meditasi. Cara ini memang terlihat sederhana, tapi hasilnya cukup efektif dalam mengatasi permasalahan kerontokan rambut. Apalagi, dengan bermeditasi, kamu bisa menghilangkan stres yang menumpuk di pikiran.

 

Solusi Cara mengatasi Rambut Rontok Secara Instan


Selain mencoba cara mengatasi rambut rontok dengan alami, kamu juga bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan instan. Caranya adalah dengan menggunakan produk hair concealer. Hair concealer bekerja dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa menutupi kulit rambutmu yang botak sehingga terlihat normal.

Cara penggunaan produk hair concealer juga sangat mudah. Kamu tinggal menaburkannya ke bagian rambut yang memiliki masalah kerontokan, dan voila bagian tersebut bakal terlihat seperti normal.

Ada beragam produk hair concealer yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Hanya saja, tak semuanya memberi hasil yang sesuai. Sebagai rekomendasi, ada 3 produk yang bisa kamu pertimbangkan, yakni:

Caboki Hair Building Fibers

Cara mengatasi rambut rontok dengan instant

Rekomendasi produk hair concealer yang pertama adalah Caboki. Sesuai dengan namanya, produk ini berfungsi untuk menutupi area kepala yang mengalami kebotakan atau rambut rontok. Cara bekerjanya cukup sederhana. Caboki yang merupakan fiber alami berfungsi untuk membuat rambut tipis terlihat lebih tebal.

Saat Caboki ditaburkan ke permukaan kepala, fiber alami tersebut akan langsung menempel ke batang rambut. Hasilnya pun bisa dilihat secara instan dan mempunyai kualitas tinggi. Kepalamu tak akan terlihat memiliki masalah rambut rontok. Apalagi, karena terbuat dari bahan alami, Caboki tidak akan menimbulkan permasalahan dalam pemakaiannya.

Bahan utama untuk pembuatan fiber Caboki bukan berasal dari hasil uji coba di laboratorium atau berasal dari hewan. Fiber tersebut didapatkan dari tanaman yang bernama Gossypium herbaceum—variasi kapas yang kerap disebut dengan nama kapas levant, yang berasal dari negara Maroko.

Toppik Hair Building FibersKeratin Fibers

cara mengatasi rambut rontok secara instan

Hair concealer Toppik juga memberi jaminan penampilan yang alami karena terbuat dari bahan keratin. Perlu diketahui, keratin merupakan jenis protein yang ada pada rambut. Oleh karena itu, penggunaan Toppik tidak akan membahayakan, termasuk bagi kamu yang memiliki kulit kepala sangat sensitif. Hal ini sangat jauh berbeda dengan konsumsi obat yang digadang-gadang menyelesaikan masalah rambut rontok yang disertai dengan efek samping berbahaya. Keunggulan Toppik diantara produk Hair concealer lainya ialah toppik mengandung keratin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut anda.


Selain itu, Toppik juga memastikan kamu bisa menjalani hari dengan penuh percaya diri. Tidak perlu khawatir masalah kerontokan rambutmu diketahui banyak orang karena area yang tertutupi fiber alami Toppik tiba-tiba hilang. Produk ini mampu bertahan meski kondisi panas, hujan, atau badai sekalipun. Hal tersebut jauh berbeda kalau kamu memilih menggunakan rambut palsu.

Sevich  Hair Building Fibers

Cara instant mengatasi rambut rontok

Produk hair concealer ini juga memiliki kualitas tak kalah dengan Caboki ataupun Toppik. Produk ini bisa digunakan baik untuk laki-laki atau perempuan. Selama pemakaian, Sevich juga memastikan kalau kepalamu tidak akan terlihat botak. Meski kamu dalam kondisi penuh keringat setelah berolahraga.

Bahan fiber alami dalam produk ini membuat rambutmu terlihat lebih lebat dan tak mudah goyah. Selain itu, kamu juga bisa bebas memilih warna yang sesuai dengan rambutmu. Bahkan, kamu juga bisa mengombinasikan beragam warna Sevich untuk memperoleh tampilan yang sesuai dengan warna rambutmu. Cara membersihkannya juga sangat mudah. Tinggal menggunakan sampo yang sehari-hari dipakai. Dengan begitu, kamu bisa memakai produk ini untuk kegiatan rutinmu.

 

Dengan penggunaan 3 produk hair concealer tersebut, kamu bisa menyelesaikan masalah kerontokan rambut dalam waktu singkat. Cara mengatasi rambut rontok ini juga bisa dilakukan tanpa harus menjalani operasi atau menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya.

So, tunggu apalagi? Dengan produk hair concealer, kamu bisa tetap percaya diri tampil di depan umum meski memiliki masalah kerontokan rambut. Hasil yang didapatkan pun bakal jauh lebih baik dibandingkan dengan pemakaian obat-obatan seperti yang telah disebutkan. Singkat dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Caboki Hair Building Fiber Mengatasi Rambut Kering, Rontok, dan Kebotakan
Anda Mengalami Masalah Kebotakan, Rambut Kering, Penipisan rambut yang Parah? Tunggu apa lagi, coba gunakan Caboki. Rambut lebat, tebal, dan indah secara instan.
Hubungi kami di WA 0812-3230-2339 untuk info lebih lanjut dan pemesanan. pesan caboki

Pencarian Terkait:

  • Apakah makanan yang mengandung kacang kedelai bisa menyebabkan rontok
  • apakah minyak jaitun di campur dg sledri bisa numbuhkan rambut botak 100 persen
  • cara mbgatsi kerontokan rambut dan mnebalkan kmbli
  • cara mengatasi rambut kritis karna rontok
  • cara mengatasi rambut rontok dan menebalkannya kembali
  • merawat rambut rontok banyak saat basah
  • soman untuk menumbuhkan rambut rontok
  • Vitamin yg harus diminum setelah lahiran agar rambut tidak rontok

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: