8 Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok

Penyakit penyebab rambut rontok

Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota khususnya bagi kaum wanita dalam menunjang penampilan. Namun terkadang sering ditemukan permasalahan yang terdapat pada rambut, diantaranya adalah rambut rontok. Rambut rontok adalah masalah yang sering dialami oleh pria dan wanita. Karena sangat mengganggunya rambut rontok bagi penampilan, maka banyak orang yang mencari solusi bagaimana cara mengurangi rambut rontok secara alami, sehingga tidak menimbulkan kebotakan yang parah.

Bagi kamu yang ingin mengurangi rambut rontok, maka dapat melakukan pencegahan sejak dini dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan tentunya dengan perawatan rambut secara rutin.

Apa Saja Penyakit Yang Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Penyakit penyebab rambut rontok

Penyebab dari rambut rontok pun bervariasi. Bisa disebabkan karena penggunaan shampo dengan bergonta ganti merk, atau bisa juga karena shampo yang kurang cocok, kondisi hormonal yang tidak stabil juga mengakibatkan sirkulasi darah pada bagian akar rambut terganggu, nutrisi protein, trauma emosional, stres, menstruasi (wanita), mimpi basah pada pria, hamil, sakit, dan lain sebagainya.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah penyakit tertentu merupakan salah satu penyebab timbulnya rambut rontok? Jawabannya iya bisa, karena penyakit yang menyebabkan sakit kepala dan rambut rontok sangatlah banyak jenisnya. Beberapa diantaranya diketahui adalah sangat berbahaya. Sehingga sangat dianjurkan Penyakit-penyakit itu harus diketahui dari awal gejala dan ciri-cirinya. Karena apa? Mengetahui lebih awal permasalahan sakit kepala yang bisa diikuti rambut rontok, sebenarnya sangat baik untuk menemukan cara mengobati sakit kepala yang tepat dan mengembalikan kembali kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan rambut rontok:

  1. Alopecia Areata

Alopecia Areata

Alopecia areata adalah adalah suatu jenis kerontokan rambut yang disebabkan oleh serangan sistem imunitas tubuh sendiri (autoimun) terhadap folikel Kondisi ini umumnya terjadi pada kulit kepala, meski dapat juga terjadi. Penyakit ini disebabkan karena adanya peradangan yang bersifat kronis. Peradangan disebabkan dan dipicu oleh adanya  masalah atau gangguan pada sel T. Keberadaan sel ini adala sebagai salah satu bentuk  antibodi yang biasanya banyak ditemukan pada struktur folikel rambut dan menjadi mekanisme autoimun.

Gejala umum pada penderita penyakit ini adalah patch melingkar halus, dan adanya bintik bintik pitak di kulit kepala. Penyakit ini tidak hanya menyerang pada rambut yang ada pada kulit kepala saja, tetapi juga pada jenggot dan pada bagian bulu.

  1. Androgenetic Alopecia

Androgenetic Alopecia

Androgenetic Alopecia adalah jenis penyakit yang di tandai dengan hilangnya rambut. Penyakit ini terjadi karena adanya  faktor genetik dari orang tua. Pada pria, salah satu gejala adalah kebotakan. Sementara pada wanita, akan mengalami penipisan pada atas rambut.

  1. Hipotiroidisme

Peyakit penyebab rambut rontok

Hipotiroidisme adalah salah satu penyakit yang menyerang pada bagian tiroid. Penyakit ini menyebabkan adanya penurunan produksi hormon tiroid. Padahal hormon ini memiliki tanggung jawab cukup besar dalam metabolisme tubuh. Hormon tiroid ini sangat di butuhkan dalam men- supply oksigen dan juga energi pada bagian rambut. Sehingga semakin banyak kadar hormon tiroid seseorang, maka pertumbuhan rambut juga akan semakin baik. Namun hal itu berlaku sebaliknya, jika kadar hormon tiroid ini terlampau sedikit, maka pertumbuhan juga akan mengalami gangguan.

  1. Anagen Effluvium

Kondisi rambut rontok juga bisa terjadi karena adanya efek samping dari perawatan medis. Salah satunya adalah efek perawatan medis dengan kemoterapi untuk penyakit kanker. Kemoterapi adalah proses pembunuhan sel kanker dengan memberikan penyinaran langsung dengan menggunakan sinar radiasi. Sifat dari sinar ini sangatlah kuat yang dapat mematikan sel dan jaringan yang ada di sekitarnya, termasuk di dalamnya adalah sel folikel rambut.

  1. Anemia

anemia penyebab rambut rontok

Anemia adalah penyakit yang membuat penderita mengalami kekurangan jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuhnya. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh berada kurang dari batas normal. Akibat dari kondisi ini, yaitu haemoglobin tidak mampu memenuhi proporsi tubuh dalam keadaan normal. Kondisi kekurangan sel darah merah atau eritrosit ini membawa dampak bagi sel lain, salah satunya adalah bagi sel folikel tubuh. Hal ini mengakibatkan penderita anemia sangat rentan terhadap kerontokan. Penderita anemia memiliki gejala diantaranya kelelahan yang ditandai kulit yang memucat, sakit kepala, tangan dan kaki terasa dingin, karena kurangnya supplay dari oksigen.



  1. Trichotillomania

Penyakit Penyebab Rambut Rontok

Trichotillomania merupakan penyakit yang dapat menimbulkan masalah kerontokan pada rambut. Penyakit ini meruakan bentuk dari gangguan kompulsif, yang mana akan membuat rambut mengalami kerontokan pada kulit kepala, bagian alis, dan juga bulu. Penyakit ini jika dibiarkan maka akan menimbulkan kebotakan yang sangat parah.

  1. Penyakit Lupus

Penyakit penyebab rambut rontok

Lupus merupakan penyakit yang ditandai dengan menuanya kulit seseorang, padahal usianya masih muda. Penderita penyakit ini akan terlihat memiliki kulit yang keriput layaknya orang tua. Kondisi medis serta perawatan untuk penderita ini sangatlah keras. Efek dari penanganan medis penyakit ini salah satunya adalah membuat pasien mengalami masalah kerontokan pada rambutnya dan dapat menyebabkan mengalami kebotakan secara permanen.

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada wanita. Penyakit ini ditandai dengan satu indung telur hanya mampi mengandung 12 folikel atau lebih. Meskipun peyakit atau gangguan ini merupakan gangguan yang menyerang sistem reproduksi, ternyata mampu memberi efek pada organ lain, salah satunya adalah pada rambut. Penderita PCOS akan mengalami masalah dengan kerontokan rambut.

Demikian di atas adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan rambut rontok parah, penyakit tersebut tidak boleh disepelekan dan harus dicegah sejak dini. Untuk masalah kerontokan kamu bisa melakukannya dengan menjauhi kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang bisa kamu hindari adalah diantaranya seperti merokok, konsumsi alkohol, mengkonsumsi pil KB secara berlebihan, begadang, mengkonsumsi makanan yang kurang vitamin dan zat besi, banyak pikiran atau stres, diet ketat,  dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk mengganti kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut adalah bisa dilakukan dengan kamu menerapkan pola hidup sehat,  Seperti menjaga pola makan, makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, olahraga, tidur cukup dan menghindari begadang, beribadah, refreshing agar tidak stres, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang sudah terlanjur mengalami kerusakan rambut.

Tips Mengatasi Rambut Rambut Rontok

Berikut adalah beberapa tips atau cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok, selain beberapa cara modern dan pola hidup sehat di atas:

  1. Memperhatikan Konsumsi Makanan

Makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin tentunya akan berdampak positif bagi rambut. Karena kesehatan rambut dapat didapatkan melalui asupan dari vitamin A dan E serta kandungan zat besi dalam makanan yang kita makan.

  1. Hindari Penggunaan Catok Rambut

Untuk hasil yang maksimal dalam mengatasi permasalahan rambut, kamu juga harus mencegah perilaku yang akan membuat rambut kamu rusak, seperti penggunaan catok. Karena catok telah telah terbukti bisa membuat rambut kehilangan kelembapan sehingga kering, kusam, dan mudah patah.

  1. Jangan Menyisir Rambut Saat Rambut Basah

Menyisir rambut saat basah dapat merusak elemen rambut sehingga tipis dan rontok karena saat basah rambut bersifat basa. Sehingga kamu harus benar-benar memperhatikan keseharian dalam melakukan sesuatu pada rambut, karena biasanya kebanyakan orang akan menyisir rambut saat masih basah karena buru-buru atau alasan yang lain.

  1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut

Kulit kepala dan rambut yang tidak bersih sebenarnya bisa menimbulkan ketombe dan masalah kulit kepala lainnya yang dapat memperburuk kondisi rambut rontok. Sehingga kamu harus membersihkan kulit kepala dan rambut dengan keramas secara rutin untuk mencegah datangnya ketombe dan untuk mengurangi rambut rontok.

  1. Menjaga Kebersihan Benda-Benda Yang Kontak Dengan Rambut

Cuci juga benda-benda yang secara langsung kontak dengan rambut, seperti sisir, handuk, bantal, guling, seprai, dan lain sebagainya. Hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah jangan sentuh rambut Anda dengan keadaan tangan yang kotor. Karena apa? tangan bisa menjadi sumber kotoran atau infeksi bagi kulit kepala dan rambut.

  1. Menggunakan Conditioner

penggunaan conditioner  tentunya sangat penting, karena conditioner  dapat segera melembabkan dan memperbaiki rambut agar sehat kembali. Sehingga kamu harus rutin menggunakan conditioner  selama dalam proses recovery atau perbaikan rambut yang bermasalah.

  1. Menjaga Kebersihan Rambut Dengan Keramas.

Menjaga kebersihan rambut sangatlah penting untuk mencegah kerontokan. Namun kamu juga harus bijak dalam keramas kita tidak boleh terlalu jarang keramas dan sering keramas. Idealnya keramas 2-3 hari sekali. Karena apa? keramas yang berlebihan ternyata dapat menghilangkan minyak alami dalam rambut.


Pencarian Terkait:

  • 2 Jaga kebersihan benda-benda yang kontak dengan rambut Anda
  • akibat rambut kering dan rontok menjadi kepala pusing
  • alopecia adalah
  • alopecia aerata parah
  • apa ada hubungan rambut rontok fg shampo
  • apakah salah sampo rambut bisa rontok
  • apakah sering di sampo menyebabkan rambut rontok
  • ciri ciri rambut ronyok kareba jekebalan tubuh
  • gantu sampo membuat peradangan folikel rambut
  • kerontokan rambut apa ada hubungan dengannya penyakit

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: